Sejarah dan Profil Singkat AS Roma

Admin

12 bulan yang lalu

Share:

Mabol.id - Associazione Sportiva Roma, atau dikenal sebagai AS Roma, adalah klub sepak bola profesional di Italia yang bermarkas di kota Roma, ibu kota negara Italia. Roma didirikan pada tahun 1927 melalui penggabungan tiga klub yaitu Roman FC, SS Alba-Audace, dan Fortitudo Pro Roma.

Roma memulai kiprahnya dengan berlaga di kompetisi Prima Divisione (Divisi Satu). Pada musim 1928/29, Roma promosi ke Serie B (Divisi Dua), sebelum akhirnya meraih promosi ke Serie A (Divisi Utama) musim 1929/30.

Baca juga: Sejarah Inter Miami CF: Lika-Liku Klub Baru Lionel Messi

Gelar juara pertama Roma diraih pada musim 1941/42 saat menjuarai kompetisi Serie A untuk pertama kalinya. Sayang setelah Perang Dunia 2 usai, performa Roma menurun drastis hingga terdegradasi ke Serie B pada 1950/51.

Roma kembali promosi ke Serie A musim berikutnya dan mulai bangkit pada era 1960-an di bawah pelatih legendaris Helenio Herrera. Puncaknya pada musim 1982/83 saat Roma menjuarai Serie A untuk kedua kalinya berkat aksi pemain fenomenal mereka, Falcao.

Baca juga: Sejarah Al-Nassr: Klub Baru Ronaldo dan Sadio Mane

Gelar Serie A ketiga Roma diraih pada musim 2000/01 lewat skema permainan ofensif yang dipimpin pelatih Fabio Capello dan pemain seperti Francesco Totti, Gabriel Batistuta, Vincent Candela, dan Aldair. Sayang sejak itu, Roma tidak pernah lagi menjuarai Serie A hingga saat ini meski sempat finish runner-up sebanyak 8 kali.

Beberapa pemain hebat Roma antara lain Francesco Totti, Daniele De Rossi, Gabriel Batistuta, Aldair, Bruno Conti, dan Carlo Ancelotti. Stadion kandang Roma saat ini adalah Stadio Olimpico yang berkapasitas lebih dari 70.000 penonton.

Baca juga: Sejarah Manchester United: Jejak Panjang Menuju Kegemilangan

Meski belum meraih scudetto sejak 2001, Roma kini tetap bersaing sebagai klub papan atas Italia dan regular tampil di kompetisi Eropa. Target mereka adalah bisa kembali merengkuh trofi Serie A di masa mendatang.

Referensi:

  1. asroma.com
  2. skysports.com

Related Article